Sesak Nafas, Dada Kiri Sakit, Otot Perut Kencang

0
44

Assalamualaikum dok,

Saya punya keluhan suka sesak, nafas kurang nyaman, dada terasa berat, badan suka lemes dan kadang rasa sakit dada sebelah kiri, perut kadang berasa kenceng, pinggang belakang pegel/sakit, akhir” ini saya ikhtiar pakai propolis dan habbasyifa yang minyak kapsul, jenis yang mana dan berapa dosis yang tepat buat saya, terima kasih,

Wa’alaikumussalam wr wb

Sdr Agus Setyawan Yth

Dari gejala yang disampaikan, ada 2 kemungkinan penyakit yang menyerang anda.

Pertama: Anda terkena Gastritis atau Maag, dimana asam lambung yang naik membuat dada sesak, nyeri dada dan perut sebelah kiri dan seringkali disertai nafas seperti tidak plong, seakan udara tidak masuk pernafasan.

Habbatussauda untuk kasus maag sangatlah direkomendasikan. Sebuah review tentang Aplikasi Terapi dari Habbatussauda yang berjudul “Nigella sativa L: A Review of Therapetic Application” yang ditulis oleh N Ilaiyaraja dan F Khanum dari Biochemistry and Nutrition Discipline Defence Food Research Laboratory Siddhartha Nagar India, menjelaskan bahwa zat yang bekerja untuk menanggulangi Gastritis/maag tersebut adalah Thymoquinon yang terdapat di dalam habbatussauda. Thymoquinon memiliki efek gastroprotektif melawan proses terjadinya ulkus dengan banyak mekanisme. Terutama adalah dengan mengurangi sekresi asam lambung dan menjaga agar PH di dalam lambung tidak terlalu asam.

Sebagaimana diketahui, penyakit Gastritis juga bisa disebabkan oleh adanya kuman Helicobacter pylori. Dan sebagaimana juga sudah diketahui, madu merupakan bahan terapi yang efektif didalam membasmi kuman H pylori tersebut. Maka kombinasi dua bahan ini sangatlah dianjurkan untuk diberikan.

Maka praktisnya, gunakan serbuk Habbatussauda yang dicampur dengan madu dimana untuk dewasa dapat dipakai dosis sekitar 10 gram (atau 20 kapsul @500mg) dicampurkan ke dalam madu 3 hingga 5 sendok makan. Adonan tersebut dikonsumsi secara terbagi , bisa sehari sekali hingga 3 kali.

Kemungkinan Kedua: ada gejala Penyakit Jantung Koroner.

Untuk mengetahui hal ini silakan dicek jantungnya dengan pemeriksaan EKG ke dokter jantung di RS. Sebaiknya dicek juga kadar Kolesterol total, HDL dan LDL kolesterolnya.  Untuk kasus penyakit jantung, konsusmsi minyak zaitun sangatlah dianjurkan. Karena minyak zaitun memiliki keunggulan dalam kasus ini.

Minyak zaitun selain meningkatkan kadar HDL, juga mampu menurunkan kadar LDL. Turunnya nilai LDL tersebut disebabkan oleh peranan omega 3 pada minyak zaitun. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung fitosterol yang mampu mengusir kolesterol jahat dari tubuh. Omega 3 juga mampu mencegah terjadinya oksidasi LDL agar tidak mengendap dan menyumbat pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah atau arteriosklerosis akan menjadi awal terjadi berbagai penyakit kardiovaskuler seperti jantung koroner, darah tinggi dan stroke.

Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.

dr. Insan Agung N